15 Mei 2010

Uji Efisiensi dan Efektivitas Vaksin HydroVac® untuk Penanggulangan Infeksi Aeromonas hydrophila pada Ikan Lele Dumbo (Clarias gariepinus)

ABSTRAK


Berto Mulia Wibawa (Dibawah Bimbingan : Rosidah dan Otong Suhara Djunaedi). 2010. Uji Efisiensi dan Efektivitas Vaksin HydroVac® untuk Penanggulangan Infeksi Aeromonas hydrophila pada Ikan Lele Dumbo (Clarias gariepinus)

Penelitian dilaksanakan dari tanggal 5 Juli sampai dengan 24 Agustus 2009 di Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar Sempur Bogor dengan penelitian pendahuluan pada tanggal 4 sampai dengan 28 Mei 2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi dan efektifitas Vaksin HydroVac® untuk menanggulangi infeksi Aeromonas hydrophila pada ikan lele dumbo (Clarias gariepinus). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan, perlakuan yang digunakan adalah sebagai berikut : A (benih lele dumbo tidak diberi Vaksin HydroVac®), B (benih lele dumbo direndam oleh Vaksin HydroVac® rendaman ke-1), C (benih lele dumbo direndam oleh Vaksin HydroVac® rendaman ke-3), dan D (benih lele dumbo direndam oleh Vaksin HydroVac® rendaman ke-5) Parameter yang diamati pada penelitian ini diantaranya tingkat kelangsungan hidup ikan, titer antibodi, diferensial leukosit, indeks fagositosis, dan kualitas air.
Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa Vaksin HydroVac® efektif dan efisien dalam menanggulangi infeksi Aeromonas hydrophila hingga perendaman ulang ke-3 dengan tingkat kelangsungan hidup sebesar 96,25%. Selain itu pemberian Vaksin HydroVac® mampu meningkatkan respon limfosit dalam menyediakan zat kekebalan tubuh serta mempertahankan respon sel-sel fagosit untuk melakukan fagositosis terhadap adanya antigen baru pada saat terjadi infeksi Aeromonas hydrophila.


Kata kunci : Perendaman, Vaksin HydroVac®, Aeromonas hydrophila, lele dumbo

Untuk yang mau download link abstraknya, silakan akses di sini



2 komentar:

  1. numpang tanya masberto yang narsis abis.. hehehee.. just kidding.. dmn ngedapatin itu hydrovac ya?... n berapa harganya?... mau coba ne buat benih leleku.. law ada info tolong kirim ke emailku ya mas.. emraneeh@gmail.com
    makasih mas..

    BalasHapus
  2. Silakan kontak saya di 085624580480, nanti saya bantu untuk informasi cara mendapatkan vaksin tersebut.

    Salam kenal mas emra :)

    BalasHapus